Sejarah

Sekolah Menengah Kejuran (SMK) Negeri 1 Gelumbang sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuran Kelompok Pertanian dan Teknologi   di Kabupaten Muara Enim yag ikut ambil peran dalam menyediakan Sumber Daya Manusia yang terlatih di Bidang Pertanian dan Teknologi.

SMK Negeri 1 Gelumbang sebelumnya bernama Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) yang diresmikan  oleh Mendikbud  Prof. DR. Ing.Wardiman Djojonegoro pada tanggal 01 November 1994.

Awalnya membuka jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Usaha Tani Terpadu.

  • Pada tahun Pelajaran 1999/2000 dalam rangka reengineering SMK Negeri 1 Gelumbang membuka  Jurusan Agronomi, Budidaya Ternak, Teknologi Hasil Pertanian dan Mekanisasi Pertanian.
  • Pada Tahun Pelajaran 2003/2004 Jurusan Mekanisasi Pertanian ditutup  karena terbatasnya  lapangan kerja, dan dibuka Jurusan Teknik Mekanik Otomotif.
  • Pada Tahun Pelajaran  2010/2011 dibuka Program Studi Keahlian  Teknik Komputer dan Informatika.

Hingga Tahun Pelajaran 2013-2014 SMK Negeri 1 Gelumbang memiliki Program Studi Keahlian yaitu sebagai berikut :

  1.  Agribisnis Produksi Tanaman, terdiri dari :
  1.  Komp. Keahlian Agribisnis  Pembibitan Tanaman & Kultur Jaringan
  2.  Komp. Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan
  1. Agribisnis Produksi Ternak , terdiri dari :
  1.  Komp. Keahlian Agribisnis Ternak Unggas
  2.  Komp. Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia
  1. Agribisnis Hasil Pertanian , terdiri dari :

Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

  1. Teknik Otomotif , terdiri dari :
  1. Komp. Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
  2. Komp. Keahlian Teknik Sepeda Motor
  1. Teknik Komputer dan Informatika , terdiri dari :

Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, SMK  Negeri 1 Gelumbang dikelola dan didukung oleh Sumber Daya Manusia sebanyak 80 orang , terdiri dari 63 orang tenaga Pendidik  (guru) dan 17 orang tenaga Kependidikan (pegawai).  Kualifikasi tenaga pendidikan jenjang strata 2 ada  4 orang.  57 orang Strata 1 dan 2 orang Diploma III Dari keseluruhan guru sudah 80% sudah memiliki rsertifikat Profesi. Khusus  guru yang  masih Tingkat Pendidikan D3,  sekarang dalam proses menjalankan pendidikan Srata 1 dengan biaya dari APBD Kabupaten Muara Enim.

Penyelenggaraan Kegiatan Belajara Mengajar di SMK Negeri 1 Gelumbang mengacu pada KTSP dengan model pembelajaran Competensi base training, dan Production Base training.  Forsi  pembelajaran 30% teori dan 70% praktik, sebagai  implementasi siswa kita fokuskan untuk membangun jiwa Entrepreneur/Kewirausahaan. Kami selalu menekankan agar peserta didik mampu membuat dan memasarkan  produk,sekalipun sekala kecil tetapi ril. Dalam penyelenggaraan pembelajaran kita masih Dual sistem yaitu pembelajaran di sekolah dan di industri antara 4 – 6 bulan (1 semester) .Selain berkoordinasi dan bekerjasama dengan SKPD di Kab. Muara Enim SMK N 1 Gelumbang telah bekerjasama dengan 39 stakeholder yang mayoritas  dunia usaha/dunia industri  tersebar di Sumsel dan daerah lainnya.

Pada Tahun 2012 SMK Negeri 1 Gelumbang memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2008 yang diregistrasi oleh VEDCA –IQS  No. VED61040412 untuk ruang lingkup Sistem Manajemen Mutu bagi Jasa Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan.

Untuk selalu mewujudkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dalam menjalankan fungsinya SMK Negeri 1 Gelumbang bertekad  melalui mottonya “I M T A K”  yaitu :

  I      :  Inovatif  terhadap Teknologi

  M    :  Mandiri dan Profesional

   T       :  Tekun dan disiplin

     A        :  Agamais dalam tindakan

     K        :  Kualitas Produk di utamakan

 

Sejak berdiri hingga Tahun Pelajaran 2013-2014  lulusan SMK Negeri 1 Gelumbang  berjumlah  2688  orang.   Lulusan SMK Negeri 1 Gelumbang bekerja sebagai tenaga penyuluh pertanian , karyawan PT.Perkebunan (BUMN / Swasta), Dinas  / Instansi Pemerintah, TNI, POLRI dan wirausaha.